Home Fokus Indeks

Selasa, 25 April 2017 , 13:25 WIB

Fiji Kini Terancam Iguana Raksasa

Widyastuti Padmarini
Fiji Kini Terancam Iguana Raksasa
Giant Invasive Iguana

Karena tak ada predator alamiah bagi spesies itu, jumlah hewan tersebut diperkirakan menyebar secara berlipat-ganda ke pulau lain di Fiji. 

FIJI, Jaringnews.com - Petugas Lembaga Keamanan Bio Fiji (BAF) telah mengetahui kehadiran Giant Invasive Iguana di Teluk Natewa di Divisi Fiji Utara setelah ditemukannya dua spesies belum lama ini.

Kepala Eksekutif Hillary Kumwenda mengatakan itu adalah untuk pertama kali Iguana Raksasa Invasif telah terlihat di Vanua Levu dan menjadi ancaman buat sayur-mayur.

BAF telah mendesak masyarakat agar melaporkan setiap kali mereka melihat Iguana Raksasa Invasif. Pemerintah menegaskan pengangkutan atau pemindahan spesies iguana itu atau telurnya adalah perbuatan yang melanggar hukum.

Spesies asli Amerika Tengah dan Selatan itu diduga telah diselundupkan ke Pulau Qamea di sebelah timur Taveuni pada 2000.

Diketahui, populasi hewan tersebut di Taveuni diperkirakan telah berkembang menjadi sedikitnya 2.500 iguana.

Pada awal 2010, ilmuwan Dr. Rob Fisher dan Dr. Peter Harlow mencatat perkembangbiakan populasi Iguana tersebut di Pulau Qamea, sedangkan Iguana dewasa kadang-kala telah terlihat atau ditangkap di Laucala serta Taveuni.

Karena tak ada predator alamiah bagi spesies itu, jumlah hewan tersebut diperkirakan menyebar secara berlipat-ganda ke pulau lain di Fiji. 

Dampak yang merusak dari spesies invasif tersebut di Puerto Rico dan Florida telah mengakibatkan kerugian jutaan dolar AS.

Jejaring itu juga melaporkan bahwa di Fiji, Iguana Amerika berpotensi menjadi hama serius bagi pertanian dan kebun desa.

Berita Terkait

    Tidak ada berita terkait